Thursday 22 October 2009

Wave

Gelombang adalah getaran periodik yang dapat memindahkan energi.
Contoh gelombang laut adalah getaran periodik air laut yang memindahkan energi kinetik, gelombang radio adalah getaran periodik yang memindahkan energi suara, dan lainnya.
Jenis - jenis gelombang adalah gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
Ketika gelombang terjadi ada dua gerakan yang terjadi yaitu gerakan gelombang (rambatan) dan gerakan getarannya. Gerakan inilah yang membedakan gelombang longitudinal dan gelombang transversal.



Kalau diperhatikan, gelombang ini bergerak dari tengah ke sekitarnya, hal yang sama terjadi pula pada getarannya bergerak dari tengah ke sekitarnya. Gelombang yang arah rambatannya sama dengan arah getarannya dinamakan gelombang longitudinal. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang suara dan gelombang per. 1 gelombang longitudinal harus memiliki satu rapatan dan satu renggangan.



Gelombang ini bergerak / merambat dari kiri ke kanan dengan arah getaran naik turun, jadi arah rambatan dan getarannya tegak lurus. Gelombang ini dinamakan gelombang transversal contohnya adalah gelombang tali, gelombang radio dan gelombang air laut. 1 gelombang transversal harus terdiri dari satu bukit dan satu lembah.

Gelombang mempunyai beberapa karakter untuk membedakan satu gelombang dengan gelombang lainnya, yaitu:
1. Frekuensi yaitu banyaknya gelombang dalam satu detik, jadi jika radio bergetar 98.7 MHz maka radio tersebut memancarkan 98.7 mega gelombang dalam 1 detik
2. Periode yaitu waktu yang diperlukan untuk sebuah gelombang merambat, jadi jika sebuah gelombang bergerak 5 Hz berarti ada 5 gelombang dalam 1 detik dengan demikian untuk 1 gelombang butuh waktu 0.2 detik, jadi periodenya adalah 0.2 detik
3. Panjang gelombang adalah panjang rambatan sebuah gelombang.
4. Amplitudo adalah jarak maksimum atau minimum dari sebuah gelombang ketika ia bergetar.
5. Kecepatan gelombang adalah perbandingan jarak yang ditempuh gelombang dan waktu tempuhnya.



Dari gelombang transversal diatas terlihat bahwa ada 1.5 gelombang dalam waktu 6 detik dan menempuh jarak 30 m. Dengan demikian frekuensi gelombang tersebut adalah 1.5 gelombang / 6 detik atau 0.25 Hz, periode gelombang tersebut adalah 6 detik / 1.5 gelomabang atau 4 detik, panjang gelombang adalah 30 m / 1.5 gelombang atau 20 m, kecepatan gelombang adalah 30 m / 6 s atau 5 m/s dan amplitudonya 6 cm.

Gelombang memiliki 4 sifat yaitu :
1. Pemantulan (refleksi), apabila gelombang yang sedang bergerak terkena rintangan, maka gelombang tersebut akan berbalik arah (pemantulan) contoh yang paling sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari adalah gema yang merupakan pemantulan dari gelombang suara ketika gelombang tersebut mengenai sebuah tembok.

2. Pembiasan, hal ini terjadi apabila sebuah gelombang berbelok akibat adanya perbedaan medium getarnya sebagai contoh pensil didalam gelas yang berisi air akan terlihat seperti bengkok, hal ini terjadi karena gelombang cahaya mengalami perbedaan medium dari udara ke air sehingga gelombang cahaya akan berbelok sehingga terlihat seakan-akan pensil tersebut bengkok.

3. Superposisi, hal ini terjadi apabila 2 gelombang bertemu, 2 hal yang mungkin terjadi adalah kedua gelombang tersebut menguatkan satu sama lain atau melemahkan satu sama lain.
4. Difraksi, terjadi apabila sebuah gelombang mengalami perbedaan arah gerak karena memasuki daerah yang lebih sempit.


Secara umum gelombang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu gelombang mekanik karena membutuhkan media untuk bergetar dan gelombang elektromagnetik karena dapat bergetar meskipun tidak ada medianya. Keunggulan lain dari gelombang elektromagnetik adalah kecepatannya yang sangat besar yaitu 300.000.000 m/s. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal dan terbagi menjadi 7 macam, yang membedakan adalah panjang gelombang, frekuensi dan energinya. Energi tertinggi adalah untuk gelombang yang memiliki frekuensi tertinggi. Jenis gelombang ini secara urutan panjang gelombang adalah:


1. Radio adalah gelombang yang terpanjang dalam gelombang elektromagnetik dan banyak dipakai untuk siaran radio atau televisi.

2. Micro banyak dipakai untuk komunikasi dan pemanas makanan (microwave)

3. Infra Red banyak dipakai untuk remote control dan deteksi panas tubuh

4. Visible adalah satu-satunya gelombang elektromagnetik yang paling jelas dilihat oleh mata kita, merupakan sinar yang kita lihat setiap hari memiliki warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu

5. Ultraviolet dipakai untuk membunuh kuman dan virus, sumber terbesar dari matahari. Dipakai juga untuk pertumbuhan karena UV memacu pertumbuhan vitamin D

6. X Ray dipakai untuk kedokteran, mendeteksi tulang dan gigi atau bagian lain yang tidak dapat tembus oleh sinar X

7. Gamma adalah gelombang terpendek dari gelombang elektromagnetik dan diperoleh dari reaksi radioaktif, banyak dipakai untuk dunia kedokteran seperti mengobati kanker ataupun untuk sterilisasi

No comments: